Menyiapkan Diri Sebelum Melahirkan, Calon Orang Tua Baru


Pasangan suami istri baru pasti akan senang jika ada kabar akan mempunyai anak setelah mereka menikah, apalagi calon ibu sudah mengandung dari hasil pernikahan mereka.

Tapi tau kah anda jika sebelum melahirkan ada baiknya mempersiapkan segala sesuatunya. Yuk! Simak tips persiapan melahirkan berikut ini.

1. Kapan Bayi akan lahir?
Tanyakan kepada bidan atau dokter tanggal perkiraan akan melahirkan, supaya berjaga-jaga jika sudah akan melahirkan ada baiknya suami dan keluarga mendampingi ibu hamil saat di periksa agar mengetahui.

2. Tabungan & Fasilitas Kesehatan
Siapkan dari jauh-jauh hari tabungan untuk biaya persalinan. Suami, keluarga, dan masyarakat menyiapkan kendaraan yang akan di pakai jika sewaktu-waktu diperlukan.

3. Rencanakan Tempat Melahirkan
Rencanakan tempat melahirkan dengan matang mau di puskesmas, rumah sakit, atau rumah bersalin agar nanti tidak bingung harus di bawa kemana, pilih ditolong bidan atau dokter di fasilitas pelayanan kesehatan.

4. Rencanakan Keluarga Berencana (KB)
Rencanakan ikut Keluarga Berencana atau KB, tanyakan caranya bagaimana kepada petugas kesehatan. Anda bisa memilih menggunakan Kondom, Suntik KB, Pil KB, Susuk KB, atau AKDR.

5. Pendonor Darah
Siapkan orang yang bersedia menjadi donor darah jika sewaktu-waktu diperlukan.

Itulah, beberapa tips persiapan melahirkan untuk para calon orang tua baru. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Source : Buku Kesehatan Ibu & Anak

0 Response to "Menyiapkan Diri Sebelum Melahirkan, Calon Orang Tua Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel