Apa Yang di Maksud Tempat Kerja



Hallo sobat moegn, tau gak sih apa yang dimaksud dengan tempat kerja?

Jangan bilang, kalian bekerja pada suatu perusahaan tapi tidak tau apa yang di maksud dengan tempat kerja.

Emm! Oke, kita bahas mengenai apa itu tempat kerja sebagai berikut.

Menurut, UU No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Tempat kerja adalah setiap ruangan atau lapangan, tertutup atau terbuka, bergerak atau tetap dimana tenaga kerja bekerja, atau yang sering dimasuki tenaga kerja untuk keperluan suatu usaha dan dimana terdapat sumber atau sumber-sumber bahaya sebagaimana diperinci dalam pasal 2.

Tempat kerja baik di darat, di dalam tanah, di permukaan air, di dalam air maupun di udara dimana didalamnya terdapat kegiatan meliputi  :

1. Tempat dimana dilakukan kegiatan membuat, mencoba, menggunakan mesin atau peralatan atau instalansi yang berbahaya atau dapat menimbulkan kecelakaan, kebakaran, atau ledakan.

2. Tempat dimana dilakukan kegiatan membuat, mengolah, memakai, menggunakan, memperdagangkan, mengangkut bahan yang dapat meledak, mudah terbakar, beracun, menimbulkan infeksi dan bersuhu tinggi.

3. Tempat dimana dilakukannya kegitan pembangunan, perbaikan, maupun pembongkaran.

4. Tempat dimana dilakukan kegiatan pertanian, perkebunan, pembukaan hutan, pengolahan hasil hutan, peternakan, perikanan dan lapangan kesehatan.

Sedangkan, menurut OHSAS 18001:2007 ; Tempat kerja dapat diartikan sebagai semua tempat dimana kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan dibawah kendali organisasi atau perusahaan.

Jadi, bisa di simpulkan tempat kerja itu merupakan tempat dimana terjadinya proses kegiatan menciptakan, mengolah, menjual yang di lakukan pada suatu organisasi atau perusahaan.

Itulah merupakan ulasan mengenai apa itu tempat kerja, dimanapun tempat kerja kalian selalu utamakan keselamatan dan kesehatan. Keep sefety!

Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung. Enjoyyy!

0 Response to "Apa Yang di Maksud Tempat Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel