Tips 66+ Strategi yang Bisa Anda Lakukan untuk Mendapatkan Followers dan Like di Instagram, Twitter, dan Facebook

Anda pasti pernah melihat orang / perusahaan yang aktif di Instagram, Twitter, atau Facebook dan punya banyak follower.

Setiap kali membuat post baru, puluhan ribu like. Gila, Lalu anda merasa kagum dengan mereka, sehingga anda juga ingin mendapatkan banyak follower.

Sekarang memang jamannya seperti itu. Semakin banyak jumlah follower￾nya, semakin bangga pula rasanya.

Tapi bukan hanya kebanggaan, meskipun untuk hepi-hepi atau tujuan bisnis, memiliki banyak follower di social media bisa memberikan 3 manfaat besar:

1. Otoritas – kita dipercaya sebagai orang yang ahli
2. Pengaruh – ide yang kita tanamkan menyebar luas
3. Penjualan – jelas, banyak orang = banyak pembeli

Pertanyaannya, caranya gimana biar banyak follower?

Padahal sudah buat banyak post yang bagus, lucu, menarik, tapi tiap hari cuma bertambah 1-2 followers.

Dalam artikel ini, anda akan mempelajari 50 hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan untuk mendapatkan follower di Instagram, Twitter, dan like di Facebook. Dan semuanya sudah terbukti sama orang lain.

1. Buat konten yang bermanfaat
Apapun teknik yang anda terapkan, kalau kontennya tidak bermanfaat maka tidak akan bisa berhasil.

Setiap kali ngepost di social media, tanyakan pada diri anda: “Apakah orang selain keluarga dan teman dekat saya akan merasa ini bermanfaat?”

Kesalahan utama, bahkan yang dilakukan oleh para selebriti, yaitu mereka membuat post yang terlalu fokus dengan diri sendiri. Curhatan-curhatan, misalnya.

Kalau anda orang terkenal, tidak masalah. Tapi kalau anda baru mulai, pastikan bermanfaat bagi semua orang.

Entah itu bermanfaat dalam arti berguna, menghibur, lucu, informatif, dan lain-lain. Intinya, orang lain harus mendapatkan ‘nilai’ dari post anda.

Dan, jangan pernah minta follow kalau anda unfollow nantinya. Karena sekarang ini sudah banyak aplikasi untuk mengetahui siapa yang unfollow.

Otomatis, followers anda akan berkurang lagi.

2. Buat konten yang bisa dibawa pulang
Atau dengan kata lain, file, ebook, presentasi, dokumen, audio, maupun video.

Apapun, file yang bisa di￾download oleh orang lain secara gratis dan bermanfaat bagi mereka.

File punya nilai lebih tinggi dibandingkan teks biasa, sehingga akan mengundang banyak orang untuk datang kepada anda.

3. Berikan opini terhadap berita/tren yang sedang hangat
Salah satu alasan utama seseorang menggunakan social media adalah
karena mereka ingin mendapatkan kabar-kabar terbaru dengan lebih cepat.

Tapi anda pasti akan kalah oleh jurnalis dalam urusan mendapatkan berita.

Solusinya, berikan opini.Jangan hanya menulis informasi, tuangkan pendapat anda. Lebih bagus lagi apabila pendapat ini bisa membantu orang lain dalam berpikir atau bertindak.

4. Gunakan lebih dari sekedar tulisan
Dilihat dari datanya, post di social media yang berupa teks mendapatkan jumlah interaksi paling kecil dibandingkan jenis lain.

Foto, video, link, hashtag, semuanya lebih bagus.

5. Jadwalkan post pada jam-jam optimal
Beda jam, beda hasilnya. Jam optimal itu maksudnya waktu ketika jumlah follower yang aktif tinggi dan jumlah post dari orang lain sedikit.

Sehingga post dari kita lah yang paling banyak dilihat.

Di Facebook sebetulnya tidak ada 1 waktu yang benar-benar optimal.

Beda kategorinya, beda waktunya. Misalnya orang yang biasa menggunakan Facebook untuk hiburan mungkin akan aktif akhir minggu.

Tapi orang yang menggunakan Facebook untuk urusan bisnis akan aktif hari kerja.

Maka dari itu, cara terbaik adalah mencoba sendiri. Kemudian lihat datanya di Facebook Page anda.

Sore dan tengah malam ternyata waktu paling optimal untuk membuat post di Instagram.

6. Pahami jenis-jenis post di social media
Ada 2 jenis orang yang aktif di social media:
• Informers: orang yang senang berbagi informasi
• Meformers: orang yang senang berbagi informasi, tentang dirinya sendiri

Tipe pertama lebih banyak mendapatkan follower daripada tipe kedua.

Padahal secara keseluruhan hanya ada 20% informer dan 80% meformer.

Artinya sebagian besar orang lebih suka curhat.

Ini jenis-jenis post di social media beserta contohnya:
• Sharing informasi: “Ini bacaan bagus tentang kasus korupsi
pemerintah [link]”
• Promosi: “Ini artikel yang saya buat tentang HP Android [link]”
• Opini/komplain: “Lagunya si [artis] yang baru ini bagus ya”
• Pernyataan: “Lebih enak tinggal di Bali daripada Jakarta”
• Lagi apa: “Huff, capeknya abis pulang kerja”
• Pertanyaan ke follower: “Nanti sore enaknya share apa ya tweeps?”
• Muncul: “Akhirnya balik lagi ke Jakarta”, “Morning Tweeps!”
• Kisah sendiri: “Lupa bawa payung, kehujanan deh”
• Kisah orang lain: “Gila, ada orang berkelahi di depan SD 4. Yang satu meninggal”

Kategorikan konten yang anda buat ke social media, pastikan apakah
murni tentang diri sendiri atau orang lain juga bakal merasa bermanfaat.

6. Lengkapi profil, buat profil yang asik
Ada 2 hal yang ingin saya sampaikan terkait profil.

Pertama, kalau anda ingin mendapatkan banyak follower, lengkapi semua profil. Tidak ada orang yang akan mem-follow akun dengan foto profil kosongan.

Kedua, jangan jadi pribadi yang membosankan.

Kita mem-follow orang lain di social media dengan tujuan mendapatkan sesuatu yang menarik dan tidak membosankan. Makanya profil, sebagai hal pertama yang dilihat harus menarik.

Buat deskripsi/bio yang menarik. Kalau memang bisa dibuat lucu, buatlah jadi lucu.

7. Minta retweet/like/share
Sepertinya konyol, tapi ini efeknya luar biasa.

Dengan meminta para follower untuk melakukan retweet/like/share, maka akan lebih banyak yang melakukan dibandingkan kalau tidak sama sekali.

Perbedaannya sekitar 4x lipat!

Tips sederhana tapi hasilnya luar biasa.

8. Taruh link ke akun social media di semua tempat yang terlihat orang lain

Ini hal paling mendasar yang selalu dilupakan.

Kalau anda ingin mendapatkan follower di Twitter, Instagram, Facebook, atau yang lainnya, taruhlah link menuju akun anda di semua tempat yang terlihat oleh orang lain.

Di email misalnya.

Atau kalau anda aktif di forum komunitas online, taruh di signature atau tulis setiap kali membuat post baru di sana.

Ini sepele tapi logis.

Mustahil follower bisa bertambah kalau bukan anda yang aktif mempromosikan.

Begitulah merupakan 8 dari 66+ strategi meningkatkan follower sosial media yang sudah mulai di terapkan bayak orang saat ini. Untuk selebihnya, akan saya post update suatu saat nanti.

Jadi, jangan lupa ikuti terus artikel-artikel saya dengan ber langganan melalui email. Agar tidak ketinggalan update an terbaru. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke blog saya.

0 Response to "Tips 66+ Strategi yang Bisa Anda Lakukan untuk Mendapatkan Followers dan Like di Instagram, Twitter, dan Facebook"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel