Cara ber-Iklan di Facebook Ads dan Mulai Mempromosikan Produk Anda

Sebelum memulai facebook ads tentu kita harus tahu dasar-dasarnya terlebih dahulu, akan saya bahas satu per satu apa saja yang perlu anda ketahui berhubungan dengan facebook ads.

a. Metode pembayaran
Ini menjadi komponen yang paling penting dalam menggunakan fb ads karena metode pembayaran akan kita gunakan sebagai cara pembayaran ke facebook, bukan sekedar mampu membayar tapi facebook juga biasanya melakukan beberapa verifikasi untuk mengetahui apakah iklan mereka akan betul-betul dibayar dan apakah iklan mereka digunakan untuk iklan yang benar atau tidak, itulah sebabnya metode pembayaran jadi hal utama yang menyebabkan AME (Ads Manager Error) dimana kita tidak bisa menjalankan iklan (di banned) dengan alasan tertentu.

Adapun metode pembayaran yang diterima oleh facebook diantaranya:

 1) Kartu kredit
Ini merupakan metode pembayaran paling aman untuk digunakan, terpercaya dan mudah verifikasi, dengan menggunakan kartu kredit juga meminimalisir tersandung AME tapi bukan berarti 100% aman karena faktor-faktor penyebab ame ada banyak.

2) Paypal
Ini merupakan alternatif utama yang digunakan bila anda tidak mempunyai kartu kredit selain itu memiliki paypal menjadi jalan anda untuk melakukan transaksi lebih luas terutama jika ingin melakukan transaksi dengan mata uang dollar, selain untuk metode pembayaran fb ads paypal anda juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lain nantinya.

Tapi tidak semudah yang dibayangkan karena menyiapkan paypal yang berkualitas butuh kesabaran dan telaten bukan cuma sekedar terverifikasi.

Inilah yang menjadi alasan saya menjadikan paypal sebagai materi pertama kemarin karena butuh kesabaran ekstra dan harus hati￾hati dalam memperlakukan paypal.

Yang harus kita lakukan sebelum menjadikan paypal sebagai metode pembayaran adalah:

- Memverifikasi
Pilihan utama verifikasi tetap dengan menggunakan kartu kredit jika ada, tapi jika anda belum memiliki kartu kredit bisa gunakan VCC sebagai alternatif namun tentu akan mengalami masalah limit dan cukup rumit sehingga dibutuhkan kesabaran untuk mengatasinya.

- Menunggu paypal memiliki cukup umur dan memiliki cukup historis sebelum didaftarkan sebagai metode pembayaran facebook ads.

Untuk digunakan sebagai metode pembayaran. Prosesnya setelah anda membuat paypal tunggu 2 hari lalu kita lakukan verifikasi, setelah verifikasi tunggu 2 hari beli sejumlah saldo (dibawah 10 USD) ke rekening paypal anda, tunggu 1 hari lalu anda kirim pembayaran ke paypal yang lain (transaksi keluar) semakin sering kita lakukan itu semakin banyak historis yang dimiliki dan semakin bagus untuk di daftarkan sebagai metode pembayaran, setelah itu silahkan anda isi saldo yang akan anda gunakan sebagai pembayaran ke facebook nanti saat sudah ada tagihan.

Untuk memunculkan paypal di metode pembayaran lakukan hal-hal berikut:
- Ubah bahasa ke bahasa inggris
- Pergi ke setting, pilih payment dan rubah dari Rp Indonesia ke dollar AS
- Jika sudah berhasil maka di payment method akan muncul pilihan paypal

Untuk menambahkan salah satu metode diatas silahkan klik ini http://facebook.com/ads/manage bila ada saran mengikuti tour skip saja lalu klik billing dan pilih payment method, anda akan diminta memasukan password silahkan masukan password facebook anda lalu klik add payment method dan pilih payment methode utama paypal.

Nanti ulangi cara yang sama dan masukan kupon.

Setelah melakukan ini dan tidak ada laporan AME berarti account ads anda sudah sukses dibuat tapi tunggu jangan langsung dipakai untuk iklan dulu, tunggu 2 hari kemudian baru buat iklan.

3) Facebook coupon
Kupon atau biasa juga disebut voucher pada awalnya merupakan hadiah yang diberikan oleh facebook untuk memperkenalkan facebook ads, sayangnya saat ini sudah sangat susah mencari penjual kupon kalaupun ada harganya cukup mahal kisaran Rp. 200.000,-

Kupon hanyalah sumber pembayaran pendukung karena selain kupon kita tetap wajib memiliki sumber pembayaran lain sebagai primery payment bisa dipadukan dengan kartu kredit maupun paypal.

b. Mengenal jenis-jenis iklan
Sekarang sebelum kita menjalankan iklan mari ki mari kita mengenal jenis-jenisnya terlebih dahulu supaya ga sesat dijalan karena ada banyak jenis iklan di facebook ads yang masing-masing memiliki fungsi dan manfaat berbeda :

1) Page Post Engagement
Mengiklankan posting/status dari fanpage milik kita. Anda dapat mengiklankan status fanpage berisi konten jualan/branding kepada kuantitas Audience dengan juga kualitas yang Anda inginkan. Ini menjadi jenis iklan paling favorite untuk banyak orang termasuk saya, karena dengan jenis iklan ini kita bisa memaksimalkan detail product kita kepada audience, yang di iklankan dalam bentuk status/kiriman dan kirimannya bisa apa saja asal tidak melanggar peraturan facebook.

Adapun untuk posisinya iklan jenis ini memiliki 3 posisi yaitu:
- News peed desktop
- News peed mobile
- Sidebar

Anda bisa memasang iklan di 3 posisi tersebut atau bisa juga hanya memilih 1 atau 2 posisi, biasanya yang lebih efektif di news feed desktop dan news peed mobile.

Target audience-nya bisa untuk siapa saja terserah targeting yang mau kita ingin jangkau.

Jenis iklan ini memiliki efek viral yang sangat baik karena audience akan memberikan respon jika konten yang kita berikan menarik, mereka bisa melakukan like, coment atau share dan itu akan memberikan efek viral kepada fan pages kita karena teman-teman dari account tersebut akan melihat aktivitas yang mereka lakukan.

2) Page Likes : Mengiklankan fanpage kita untuk tujuan menambah likes.

Iklan ini dibuat dengan tujuan untuk menambah jumlah like pada fan pages kita. Kita siapkan gambar semenarik mungkin (dengan ukuran gambar 600 X 225 px) agar orang mau like fan pages kita, semakin menarik gambar yang kita siapkan dengan tujuan supaya semakin banyak yang like dan jika iklan kita banyak yang like berarti harga yang dibebankanpun semakin murah, begitupun sebaliknya bila gambar kita tidak menarik dan jarang orang melakukan action terhadap iklan kita maka biaya yang di bebankan pun akan semakin mahal.

3) Click to Website : Mengiklankan website untuk mendatangkan traffic/pengunjung dari facebook.

Pada prinsipnya cara kerja iklan sama yaitu siapkan konten yang menarik hingga orang mau melakukan aktivitas paling tidak mengklik iklan kita dan untuk type iklan ini saat orang klik iklan kita maka otomatis dia akan dibawa ke website kita.

Paling tidak 3 jenis iklan itu yang harus kita pelajari sebagai pemula untuk jenis-jenis iklan selanjutnya bisa anda pelajari sendiri saat nanti anda kira￾kira butuh dengan jenis iklan tersebut.

c. Memasang Iklan
Setelah semua langkah diatas anda lakukan terutama payment methode dan memastikan account iklan anda aman dan sudah bisa digunakan sekarang kita praktek membuat iklan berdasar jenis iklan yang kita inginkan:

1. Page Post Engagement
Pertama kita akan praktek mengiklankan status fan pages, sebelum beriklan pastikan status yang akan kita iklankan sudah terlihat menarik, simpel dan mudah difahami, jika anda mau mengiklankan product paling tidak dalam status tersebut anda sudah jelaskan.
1) nama product
2) detail singkat product yang kita jual
3) harga
4) kontak person
5) link dimana pengunjung bisa melihat keterangan product lebih detail
6) gambar yang menarik

Selain itu,
1. beri keterangan product
2. beri link dimana pembaca bisa tau lebih detail tentang product
3. masukan no kontak
4. isi gambar yang menarik

Untuk memulai beriklan difacebook ikuti langkah-langkah berikut:
1. klik disini https://www.facebook.com/ads/manage lalu klik buat iklan
2. pilih interaksi kiriman halaman
3. pilih halaman/fan pages yang akan kita iklankan
4. pilih status yang tadi sudah disiapkan dan akan di iklankan dan klik lanjutkan
5. ada 3 pilihan tempat iklan anda, di news feed desktop, news peed mobile dan sisi sebelah kanan desktop, anda bisa klik masing-masing tempat untuk melihat seperti apa tampilan iklan anda nantinya dan anda juga bisa memilih apakah iklan anda tampil di semua tempat atau menghapus tempat yang tidak anda inginkan dengan klik hapus.
6. tentukan target
Silahkan tentukan target berdasar perkiraan product anda, lalu;
1) tentukan Negara mana yang jadi target kita
2) tentukan kisaran usia
3) tentukan jenis kelamin
4) tentukan bahasa yang digunakan oleh target
5) tentukan status hubungan apakah untuk umum, berpacaran, menikah, bercerai, bertunangan dll
6) anda juga bisa menentukan target lain di kolom no 6,  pendidikan, pekerjaan, status keluarga dll.

7. Detail target
Ini yang paling penting yaitu menentukan target berdasar minat karena target yang sebelumnya anda buat (gender, usia, tempat tinggal) masih bersifat sangat umum sehingga jangkauan juga masih sangat luas. Buat target yang lebih spesifik dengan menentukan minat, jika product yang anda jual untuk wanita masukan minat yang berhubungan dengan wanita, silahkan kembangkan imajinasi anda menentukan minat yang sesuai dengan product anda.

8. Tentukan perilaku tapi jangan pilih semua, pilih hanya yang menurut anda perlu ditambahkan saja.

9. Tentukan koneksi, apakah iklan anda akan di targetkan untuk semua yang sudah anda tentukan diatas, atau akan di targetkan hanya untuk orang-orang yang berhubungan dengan fan pages anda (jika anda punya beberapa fan pages), atau justru sebaliknya anda targetkan ke yang belum punya hubungan dengan fan pages anda, atau hanya untuk orang-orang yang sudah like fan pages anda yang sekarang akan dipasangi iklan.

10.Tentukan setting iklan

11.Buat nama iklan agar tidak tertukar dengan iklan lainnya

12.Tentukan budget iklan misal 5 usd dan apakah 5 usd itu budget per hari atau budget keseluruhan

13.Tentukan penawaran
Ada 3 pilihan penawaran tapi untuk permulaan coba yang paling atas dulu nanti setelah anda cukup mengerti silahkan coba-coba penawaran yang lain dan pertimbangkan penawaran anda yang menurut anda paling tepat.

14. Lalu submit iklan dengan mengklik lakukan pemesanan

Sampai disini anda sudah selesai membuat iklan, tinggal kita tunggu apakah iklan anda diterima atau ditolak.

Jika tidak diterima akan ada notif tulisannya your ad not approved.

Jika account iklan anda sudah berjalan dan sudah beriklan secara normal jangan lupa untuk selalu mengecek hasil iklan anda/performa iklan di laporan iklan. Dan anda akan melihat semua iklan anda disebelah kanan.

Itulah merupakan cara memulai beriklan di facebook ads, semoga anda paham. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung di blog saya, jangan lupa share artikel ini sekiranya berguna untuk orang banyak.

0 Response to "Cara ber-Iklan di Facebook Ads dan Mulai Mempromosikan Produk Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel